Apapun Rintangannya, Kami Telah Dipilih Tuhan

angelamerici

Santa Angela Merici adalah ibu dan pendiri keluarga Ursulin. Hanya itu yang saya ketahui. Melalui gambar di dinding sekolah, Santa Angela pertama kali menyambut saya di sekolah Santa Theresia. Hari-hari pertama menjadi guru di SMK Santa Theresia memunculkan keraguan, apakah saya pantas berada di tempat ini? Kembali Santa Angela menyapa dengan nasihatnya “Semoga kekuatan dan hiburan Roh Kudus menyertai Anda semua, agar tabah serta teguh dan setia menjalankan tugas yang telah dipercayakan kepada Anda.” Nasihat itu terbingkai di lorong-lorong kelas. Para guru yang sudah lama bekerja di Santa Theresia mengetahui betul ajaran Angela, banyak cerita yang mereka sampaikan kepada saya. Menyadari bahwa sosok Angela menjadi panutan di Sekolah Ursulin, membuat kami harus belajar dan mendalami sosok Angela.

Sabtu, 8 Agustus 2015, Kampus Santa Theresia memperkenalkan Santa Angela kepada para guru dan karyawan baru. Kampus memberi nama “Angela Session”, kegiatan ini bertujuan agar para guru mengenal, membangun, dan menyebarkan semangat dan kharisma yang dimiliki Santa Angela. Angela Session diberikan dengan begitu bersemangat oleh Sr. Margriet, OSU dan Sr. Theresia Asia, OSU. Selama satu hari kami diajak mengenal Santa Angela. Perkenalan kami dimulai dari sejarah, perjuangan hidup, dan semangat Angela. Kami mendapat buku kecil yang berisi kata-kata Santa Angela. Setiap nasihat yang dikatakannya selalu dapat menyentuh hati kami masing-masing. Santa Angela membuat kami sadar bahwa kami berada di sekolah ini bukan suatu kebetulan.

Angela Session ini sangat berguna bagi kami, guru dan karyawan baru, karena kami disadarkan bahwa setiap tugas, rintangan, perjuangan, karya yang kami lakukan di sini dapat kami jalani dengan semangat Santa Angela. Selain diperkenalkan dengan Angela, kami juga diajak mengenal sejarah sekolah Ursulin. Kami merasa sangat bangga diperkenankan Tuhan untuk berkarya di Santa Theresia.

Sangat singkat perkenalan kami dengan Santa Angela, tetapi semangat itu dapat kami pegang dan menjadi landasan bagi kami, para guru untuk terus berkarya. Apapun rintangannya, kami telah dipilih Tuhan untuk berkarya di tempat ini. “Meskipun sewaktu-waktu mereka menemui kesulitan dan kegelisahan, semua itu akan segera berlalu dan berubah menjadi kesenangan dan kegembiraan” (Nasihat V). (MH/LA)

ibu-AurelAurelia Rani Wijayanti
Guru SMK Santa Theresia

Author: buletinserviam

Pada tahun 2004 Komisi Komunikasi Ursulin Indonesia mulai menerbitkan tabloid “SERVIAM”. Penerbitan “SERVIAM”, berawal dari meningkatnya keinginan berkomunikasi di antara anggota Komunitas Pendidikan Ursulin dan kebutuhan untuk berinteraksi dengan masyarakat yang peduli pada pendidikan. Tim Redaksi berharap, terbitnya SERVIAM online dapat melayani lebih banyak pembaca dan dapat memberikan informasi yang lebih up to date. Semoga kelak “SERVIAM” dapat berkembang menjadi sarana komunikasi interaktif di antara para pembaca. Keberlangsungan penerbitan “SERVIAM” akan terwujud bukan hanya karena kerja keras tim redaksi, tetapi membutuhkan dukungan dari seluruh pembaca dalam berbagai bentuk, terutama sumbangan pemikiran dan tulisan yang dikirimkan kepada kami untuk mengisi setiap rubrik yang ada.

Leave a comment